Terintegrasi Web Desa Rumah Data Desa Candimulyo dapat diakses via Handphone Warga

Terintegrasi Web Desa Rumah Data Desa Candimulyo dapat diakses via Handphone Warga

Keberadaan Kampung KB tidak terlepas dari Rumah DataKu “Rumah Data Kependudukan” yang diluncurkan pada tahun 2017 sebagai pusat data dan intervensi permasalahan kependudukan. Rumah Dataku adalah rumah/tempat yang difungsikan sebagai pusat data dan intervensi permasalahan kependudukan yang mencakup sistim pengelolaan dan pemanfàatan data kependudukan di tingkat mikro mulai dari mengidentifikasi, mengumpulkan, menverifikasi, menganalisis, data yang bersumber dari, oleh dan masyarakat sebagai basis untuk intervensi pembangunan di kampung KB dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Seksi Pemanfaatan dan pengelolaan Rumah Data Abhinaya Joko Slamet, S.Pd.,Gr menyampaikan bahwa Rumah Data yang mencakup sistim pengelolaan dan pemanfàatan data kependudukan sangat dibutuhkan desa guna menentukan program, kebijakan dan inovasi desa yang sesuai kebutuhan. Posisi keberadaan Rumah Dataku yang strategis sebagai pusat penyajian data yang mencangkup wilayah pelayanan, pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan di Kampung KB Abhinaya juga dirasakan selangkah lebih maju dari Kampung KB lainnya karena menyajikan tampilan informasi serta pelayanan publik yang tidak hanya papan fisik tetapi juga dalam bentuk digitalisasi yang dapat di akses pada website desa melalui handphone warga.

Ketua pengelola rumah data abihanaya Desa Candimulyo Heri Susilo Amin, S.Pd.,Si menyampaikan keberadaan rumah data (data warehouse)  dirasakan memiliki banyak manfaat, diantaranya :

  1. Integrasi data yang terpusat: Rumah data menggabungkan data dari berbagai sumber yang berbeda, seperti sistem operasional, database, atau aplikasi. Dengan mengintegrasikan data ke dalam satu tempat yang terpusat, desa dapat memiliki visibilitas yang lebih baik atas seluruh data yang dimiliki, menghindari duplikasi, dan memperoleh gambaran yang lebih lengkap dan akurat tentang data mikro dan makro.
  2. Analisis yang lebih baik: Rumah data dirancang khusus untuk mendukung analisis data yang kompleks. Dengan memiliki data yang terstruktur dan siap digunakan dalam rumah data, desa dapat menggunakan berbagai teknik analisis, seperti OLAP (Online Analytical Processing), data mining, atau machine learning, untuk mendapatkan wawasan yang lebih mendalam tentang kegiatan, tren sosial, dan perilaku warga. Analisis yang lebih baik dapat membantu desa mengidentifikasi menyusun program, mengoptimalkan proses, dan mengambil keputusan yang lebih baik
  3. Pemahaman yang lebih baik tentang warga: Rumah data memungkinkan desa untuk menggabungkan dan menganalisis data warga dari berbagai sumber. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang warga, desa dapat mengidentifikasi preferensi, kebutuhan, dan perilaku warga secara lebih mendalam. Hal ini dapat membantu dalam pengembangan strategi pemasaran yang lebih efektif, personalisasi pengalaman pelanggan, dan meningkatkan retensi pelanggan.
  4. Peningkatan pengambilan keputusan: Dengan memiliki akses mudah ke data yang terkumpul dan tersusun dengan baik dalam rumah data, pengambilan keputusan dapat dilakukan secara lebih cepat dan tepat. Informasi yang didapatkan dari analisis data dapat menjadi dasar untuk mengambil keputusan yang lebih informasi,
  5. Efisiensi operasional: Rumah data memungkinkan akses yang lebih cepat dan efisien ke data yang diperlukan. Dengan data yang terstruktur dan terpusat, waktu yang diperlukan untuk mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data dapat dikurangi. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi operasional organisasi dan memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih responsif.
  6. Pengurangan biaya: Dengan adanya rumah data yang terpusat, desa dapat menghindari kebutuhan untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber secara terpisah dan mengelola infrastruktur data yang terfragmentasi. Ini dapat mengurangi biaya pengelolaan data, termasuk biaya penyimpanan, pemrosesan, dan administrasi.
  7. Peningkatan kolaborasi: Rumah data yang terpusat memungkinkan multi stakeholder atau tim untuk mengakses dan berbagi data yang sama. Ini dapat meningkatkan kolaborasi antar tim, memfasilitasi pemahaman yang seragam, dan memungkinkan pemecahan masalah yang lebih efektif.

Harapan besar pemanfaatan rumah data dengan baik dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi desa, memperkuat pemahaman tentang kebijakan sesuai kebutuhan, dan meningkatkan efisiensi serta efektivitas operasion

 

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.

WhatsApp chat