MUSREMBANG DESA TAHUN 2023

MUSREMBANG DESA TAHUN 2023

Wonosobo – Musrembang Desa adalah forum musyawarah tahunan untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun anggaran yang direncanakan. Pelaksanaan Musrebang desa (musrembangdes) desa Candimulyo tahun 2022 diselenggarakan di gedung serbaguna abhinaya II  dengan melibatkan berbagai elemen dan unsur masyarakat. Rabu (22-09-2022).

Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP Desa) adalah dokumen perencanaan untuk periode 1 (satu) tahun dan merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa). RPJM Desa adalah dokumen perencanaan desa untuk periode 6 (enam) tahun yang mengambarkan rancangan kerangka ekonomi desa, program prioritas desa, rencana kerja dan pendanaan serta prakiraan maju, baik yang dilaksanakan oleh pemerintah desa maupun yang ditempuh dengan kegotong royongan atau partisipasi masyarakat desa.

Acara tersebut dibuka oleh Camat kertek dan dihadiri oleh babinsa dan bhabinkamtibnas, Kepala Desa Candimulyo, BPD Perangkat desa, PKK, TPK, PPKBD, RW dan RT, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), lembaga adat desa, perwakilan pemuda, perwakilan kelompok tani, tokoh masyarakat serta unsur lain yang terkait di Desa.

“ Dasar pelaksanaan Musrembangdes dan Tata Pembangunan yang baik itu berdasarkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Apapun yang ingin kita laksanakan pasti ada aturannya dalam undang-undang tersebut. Jadi untuk teman-teman perangkat desa perlu memahami undang-undang ini. Jangan takut untuk menggunakan dana desa, yang harus kita takut bila menyalahgunakan alokasi dana desa” Pengarahan Camat Kertek.

Pada musrembangdes ini juga Kepala Desa Candimulyo menyampaikan evaluasi dan rencana pembangunan desa tahun anggaran 2022 Desa Candimulyo. Setelah pemaparan rencana program kerja dilanjutkan diskusi yang dipimpin oleh sekretaris desa dan ketua BPD dan kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan  berita acara kesepakatan bersama, dan di akhiri dengan doa bersama.

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.

[TheChamp-FB-Comments]

WhatsApp chat