Bina Keluarga Lansia (BKL) Membentuk Lansia Produktif dan Mandiri

Bina Keluarga Lansia (BKL) Membentuk Lansia Produktif dan Mandiri

Bina Keluarga Lansia (BKL) adalah program yang ditujukan untuk membantu dan memberdayakan keluarga dalam merawat dan memberikan perhatian khusus kepada anggota keluarga yang lanjut usia (lansia). Tujuan utama dari program BKL adalah meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan lansia melalui pendekatan keluarga yang terintegrasi.

Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang dapat dilakukan dalam program Bina Keluarga Lansia:

  1. Pemetaan dan pendataan: Melakukan pemetaan dan pendataan lansia di wilayah kerja untuk mengetahui jumlah, kondisi kesehatan, kebutuhan, dan potensi keluarga dalam merawat lansia.
  2. Penyuluhan dan edukasi: Memberikan penyuluhan dan edukasi kepada keluarga tentang perawatan dan kesehatan lansia, termasuk penanganan penyakit umum, pola makan sehat, pentingnya aktivitas fisik, perawatan pribadi, dan manajemen obat.
  3. Pelatihan keterampilan: Memberikan pelatihan kepada keluarga dalam hal perawatan lansia, seperti pengelolaan kebersihan, penggunaan alat bantu, teknik pengukuran tekanan darah, dan tindakan pertolongan pertama.
  4. Pendampingan dan dukungan emosional: Memberikan pendampingan dan dukungan emosional kepada keluarga dalam menghadapi perubahan fisik, psikologis, dan sosial yang dialami oleh lansia. Ini meliputi membantu keluarga untuk memahami perubahan yang terjadi pada lansia, membina hubungan yang baik antara keluarga dan lansia, dan memberikan dorongan positif.
  5. Pemberdayaan keluarga: Mendorong keluarga untuk mengambil peran aktif dalam perawatan lansia, baik secara fisik maupun mental. Ini dapat dilakukan dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada keluarga, melibatkan mereka dalam pengambilan keputusan terkait perawatan lansia, dan memberikan dorongan agar keluarga tetap berperan dalam memberikan dukungan kepada lansia.
  6. Jaringan dan kerjasama: Membangun jaringan dan kerjasama antara keluarga, komunitas, dan lembaga kesehatan dalam mendukung perawatan lansia. Hal ini melibatkan koordinasi dengan fasilitas kesehatan, pemerintah, organisasi masyarakat, dan relawan untuk meningkatkan akses terhadap pelayanan kesehatan dan dukungan sosial bagi lansia dan keluarga mereka.

Program Bina Keluarga Lansia bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi lansia dalam keluarga mereka dan memperkuat peran keluarga sebagai penjaga kesehatan dan kesejahteraan lansia. Dengan melibatkan keluarga, diharapkan perawatan lansia dapat dilakukan secara holistik dan terintegrasi, sehingga meningkatkan kualitas hidup mereka di masa lanjut usia.

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.

WhatsApp chat