Demografi

Demografi desa mengacu pada analisis tentang karakteristik populasi atau penduduk desa.

Data demografi desa mencakup berbagai informasi tentang jumlah penduduk, usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, tingkat kesehatan, pekerjaan, tingkat migrasi, dan berbagai faktor sosial ekonomi lainnya.

Beberapa aspek penting dalam studi demografi desa meliputi:

  1. Jumlah Penduduk: Data tentang jumlah penduduk di desa, baik secara keseluruhan maupun berdasarkan kelompok usia.
  2. Struktur Usia: Informasi tentang bagaimana penduduk desa terbagi dalam kelompok usia yang berbeda (anak-anak, remaja, dewasa, dan lanjut usia).
  3. Jenis Kelamin: Informasi tentang jumlah dan proporsi penduduk berdasarkan jenis kelamin (laki-laki dan perempuan).
  4. Tingkat Pendidikan: Data mengenai tingkat pendidikan penduduk, mulai dari yang tidak sekolah, pendidikan dasar, menengah, hingga tingkat pendidikan yang lebih tinggi.
  5. Pekerjaan dan Lapangan Kerja: Informasi tentang pekerjaan dan lapangan kerja dari penduduk desa, termasuk sektor pekerjaan utama dan tingkat pengangguran.
  6. Kesehatan: Data mengenai kesehatan penduduk, seperti tingkat kematian, tingkat kelahiran, dan prevalensi penyakit tertentu.
  7. Migrasi: Informasi tentang perpindahan penduduk antar desa, kecamatan, atau dari wilayah perkotaan ke desa (migrasi penduduk).

Data demografi desa sangat penting untuk perencanaan pembangunan dan pengambilan keputusan di tingkat lokal. Dengan memahami karakteristik dan kebutuhan penduduk desa, pemerintah dan organisasi dapat merancang kebijakan dan program yang sesuai untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat desa serta menjawab berbagai tantangan yang dihadapi oleh populasi desa.

(Silahkan klik rumah data Abhinaya desa Candimulyo untuk mengetahui tabulasi data demografi)

WhatsApp chat